Senin, 17 September 2018

Meraih Prestasi dan Sukses dengan Belajar dari Pengalaman


Sumber: de.123rf.com
Ada sebuah ungkapan klise, tetapi sungguh memberi manfaat yang nyata. Ungkapan itu adalah “Pengalaman merupakan guru yang baik”. Tak diragukan lagi, pengalaman merupakan sumber pembelajaran yang penting dalam meraih sukses pada masa depan.
Pengalaman di sini merujuk pada kejadian-kejadian masa lalu yang pernah dialami. Pengalaman, apa pun bentuknya, baik keberhasilan maupun kegagalan, dapat menjadikan kita lebih matang, dewasa, dan mumpuni. Dengan berkali-kali mengalami kejadian (kesuksesan dan kegagalan), kita akan lebih kuat secara fisik dan kejiwaan, lebih tegar dalam menghadapi tantangan, serta lebih bijaksana dalam mengambil sikap dan tindakan.
Oleh sebab itu, belajar dari pengalaman adalah hal yang harus dilakukan dalam upaya meraih prestasi. Jika suatu saat Anda pernah mengalami (peristiwa) kegagalan dalam sebuah lomba; dengan belajar sungguh-sungguh dari kejadian itu, Anda pasti akan lebih siap dan lebih tangguh dalam menghadapi lomba serupa untuk yang akan datang. Belajar dari pengalaman akan membuat langkah kita ke depan lebih hati-hati, waspada, terukur, dan terkontrol. Strategi untuk mengatasi segala kendala dan tantangan juga akan lebih mantap. Dengan begitu, peluang kita untuk mencapai sukses dalam lomba itu menjadi lebih terbuka.
Pengalaman yang dapat dijadikan sumber pembelajaran bukan hanya pengalaman diri sendiri, melainkan juga pengalaman orang lain, terutama pengalaman orang-orang yang sukses dan berprestasi. Dalam banyak hal, pengalaman orang-orang besar yang sukses dan berprestasi mengandung hikmah dan pelajaran yang sangat baik. Dari pengalaman mereka, kita, antara lain, dapat mengambil dan meniru kiat-kiat mereka dalam meraih sukses dan prestasi. Pengalaman orang-orang sukses, jika kita mempelajarinya dengan serius, dapat menginspirasi kita untuk meraih sukses yang serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar