Jumat, 09 Juni 2017

Persyaratan Menjadi Negosiator yang Andal dan Sukses

Oleh Akhmad Zamroni

Sumber: 1.bp.blogspot.com
Pentingnya peranan negosiasi dalam bisnis menyebabkan para negosiator mendapat tempat yang penting dalam jajaran manajemen. Untuk menyukseskan negosiasi-negosiasinya dengan pihak eksternal, perusahaan memerlukan kehadiran para negosiator yang terampil dan tangguh. Tidak sembarang orang atau karyawan dapat menjadi negosiator yang baik sehingga banyak perusahaan besar yang melakukan seleksi atau perekrutan khusus untuk mendapatkan negosiator guna menyukseskan program-program negosiasinya.

Untuk menjadi negosiator yang andal, tangguh, unggul, dan sukses, diperlukan persyaratan yang tidak ringan. Persyaratan yang harus dipenuhi setidaknya meliputi kondisi atau kemampuan fisik, kepribadian dan karakter, serta pengetahuan (wawasan). Negosiator yang memenuhi ketiga persyaratan ini akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sehingga akan menguntungkan perusahaan.

A.   Kemampuan yang Terkait dengan Aspek Fisik
Fisik menjadi modal utama seorang negosiator. Negosiator harus mampu memanfaatkan dan mendayagunakan potensi fisiknya secara optimal agar negosiasi yang dilakukannya membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Segi-segi yang terkait dengan potensi fisik, antara lain, kecerdasan, penampilan, pengertian, perhatian, sikap supel, sikap toleran, dan rasa humor.

1.   Kecerdasan
Kecerdasan sangat menentukan keberhasilan negosiator dalam melakukan negosiasi. Seorang negosiator yang cerdas akan mudah melakukan adaptasi dengan keadaan serta mampu menganalisis situasi untuk memenangkan negosiasi. Kecerdasan negosiator juga terkait dengan kemampuan berkonsentrasi serta kecepatan dan ketepatan dalam mengambil tindakan untuk meraih keuntungan dan keunggulan posisi.

2.   Penampilan
Penampilan penting dalam negosiasi. Penampilan diri yang sopan, rapi, segar, elegan, dan percaya diri akan memancarkan wibawa di hadapan mitra negosiasi. Penampilan diri yang demikian juga akan menimbulkan respek dan kepercayaan pada mitra negosiasi sehingga sangat berguna dalam mendukung keberhasilan negosiasi.

3.   Pengertian
Rasa pengertian akan mendorong negosiator menjadi perunding yang bijaksana. Dengan sukarela, ia akan memahami kesulitan dan kendala yang dialami mitra negosiasi (pelanggan, pemasok bahan, dan sebagainya). Negosiasi yang dilakukan dengan pengertian yang mendalam juga akan menumbuhkan rasa simpati dan pengertian balik dari mitra negosiasi sehingga negosiasi akan berlangsung penuh dengan toleransi dan persahabatan.

Sumber: www.australiaherewecome.com.au
4.   Perhatian
Sikap penuh perhatian wajib dimiliki oleh seorang negosiator. Negosiasi yang dilakukan dengan perhatian penuh akan menyebabkan mitra negosiasi merasa dihargai dan dihormati sehingga hal itu akan menumbuhkan sikap yang sama pada sang mitra. Negosiasi yang berlangsung dengan saling menghargai dan menghormati akan mengurangi ketegangan dan terjadinya konflik sehingga akan menghasilkan win-win solution  yang menguntungkan kedua belah pihak.

5.   Supel
Pekerjaan seorang negosiator berhubungan dengan berbagai jenis manusia dan kepribadian. Ia dituntut untuk mampu berkomunikasi secara baik dengan banyak mitra bisnis yang memiliki berbagai karakter. Oleh sebab itu, seorang negosiator harus memiliki sifat supel, yakni pandai bergaul. Dengan sifat supel, negosiator dapat menjalankan tugas negosiasinya dengan ramah, simpatik, tanpa membeda-bedakan status dan kelas sosial mitra negosiasi, serta mampu memainkan peran-peran yang fleksibel dalam negosiasi.

6.   Rasa Humor
Berdasarkan pengalaman empirik, rasa humor (sense of humour) dapat mengurangi ketegangan dan tekanan (stress). Negosiasi yang dilakukan dengan materi yang berat dan penuh risiko serta dengan mitra negosiasi yang terampil dan tangguh sudah pasti akan memicu terjadinya ketegangan dan stres. Namun, rasa humor dapat menetralisasi keadaan itu. Negosiator yang memiliki selera humor tinggi akan mampu menghadapi berbagai situasi penuh ketegangan dan tekanan dengan rileks sehingga dapat melakukan negosiasi tetap dengan objektif.
B.  Kemampuan yang berhubungan dengan Aspek kepribadian dan karakter
Kepribadian (personality) dan karakter menjadi modal utama kedua seorang negosiator. Kepribadian berkaitan dengan akhlak atau moral. Negosiator yang memiliki kepribadian yang baik adalah yang mempunyai tabiat dan akhlak yang terpuji, seperti jujur, adil, toleran, dan konsekuen. Adapun karakter terkait dengan sifat-sifat khusus yang mencerminkan keluarbiasaan dan keunggulan, seperti kreatif, penuh inisiatif, penuh semangat, dan tak mudah menyerah.

1.   Jujur dan Adil
Di tengah banyaknya usaha bisnis yang dilakukan dengan trik-trik negatif dan menghalalkan segala cara, berlaku jujur dan adil memang tidak mudah. Namun, karena itulah kejujuran dan keadilan saat ini menjadi “harta” yang begitu langka dan berharga. Negosiator yang memiliki kepribadian jujur dan adil akan membangkitkan kepercayaan mitra negosiasi dan relasi terhadap perusahaan. Negosiasi yang dilakukan dengan jujur dan adil akan menyebabkan data dan informasi yang diberikan kepada mitra negosiasi, menjadi benar dan sesuai fakta, sehingga menumbuhkan dan memperkuat kepercayaan terhadap perusahaan. Menumbuhkan kepercayaan (trust) mitra, relasi, dan pelanggan terhadap perusahaan merupakan pekerjaan yang sangat sulit dilakukan, dan kejujujuran dan keadila adalah kunci utama untuk mewujudkannya.

2.   Toleran
Hampir dapat dipastikan bahwa dalam banyak hal (sikap, pendirian, pandangan, kepentingan, dan sebagainya) seorang negosiator memiliki perbedaan dengan mitra negosiasinya. Dan itulah salah satu kegunaan negosiasi: menjembatani berbagai perbedaan agar tercapai kompromi dan kesepakatan. Dalam keadaan semacam itu, sikap toleran sangat dibutuhkan. Negosiator yang memiliki sikap toleran relatif akan mudah untuk menjalin kontak dengan mitra negosiasinya, terhindar dari kekakuan komunikasi, terbebas dari perselisihan berkepanjangan yang menguras energi dan waktu, serta terhindar dari kemacetan pembicaraan yang dapat menggagalkan proses negosiasi.

3.   Konsekuen
Seorang negosiator harus mampu bersikap konsekuen. Apa yang dikatakannya harus sesuai dengan yang dilakukannya. Apa yang dilaksanakannya tidak menyimpang dari keputusan yang telah dibuat. Negosiasi yang dilakukan dengan konsekuen juga akan mendatangkan kepercayaan serta menumbuhkan minat pada mitra negosiasi untuk terus berkomunikasi dan bekerja sama.

4.  Kreatif
Kreativitas penting bagi seorang negosiator. Negosiator yang kreatif tidak akan pernah kehabisan cara dan strategi dalam menjalankan misi negosiasinya. Pada saat proses negosiasi mengalami kemacetan serta terancam kebuntuan (deadlock), diperlukan sikap kreatif seorang negosiator. Negosiator yang kreatif akan terpacu untuk menemukan strategi baru dadakan untuk mengatasi kemacetan. Ketika ia telah menemukannya, ia akan mampu mengurai kemacetan dan mengembalikan jalannya negosiasi pada kelancaran untuk menuju kesuksesan.

5.   Penuh Inisiatif
Negosiator merupakan wakil perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pihak eksternal. Perusahaan Iazimnya sudah memberinya kewenangan dan keleluasaan untuk melakukan hal-hal yang diperlukan guna menyukseskan misi negosiasinya. Oleh karena itu, negosiator harus memiliki sifat penuh prakarsa (inisiatif): ia mampu bekerja tanpa menunggu instruksi serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat pada saat-saat yang genting dan mendesak.

6.   Penuh Semangat dan Optimis
Bekerja tanpa semangat dan optimisme saat berhadapan dengan pihak luar akan memberikan citra buruk perusahaan di mata mitra dan kompetitor usaha. Apalagi jika hal itu muncul di tengah proses negosiasi, mudah sekali memicu terjadinya kegagalan. Itulah sebabnya, bagi seorang negosiator, bekerja dengan semangat rendah dan pesimis merupakan pantangan besar yang harus dihindari. Negosiator harus senantiasa penuh semangat dan optimis bahwa misi negosiasinya akan berhasil dan menguntungkan perusahaan.

Sumber: www.sdiplawyers.com
7.   Tak Mudah Menyerah
Tidak akan selamanya seorang negosiator mampu menjalankan tugas dengan mudah dan mulus. Suatu saat ia akan memperoleh mitra atau lawan negosiasi yang tangguh dan sulit ditaklukkan. Kecuali mitra negosiasi yang tangguh, pada saat yang lain ia juga bisa ditugaskan untuk menegosiasikan hal-hal sulit yang materinya kurang ia kuasai. Maka, sikap tak mudah menyerah harus menjadi bagian dari diri seorang negosiator. Dalam posisi sesulit apa pun, negosiator harus bersedia dan mampu berjuang sekuat tenaga sampai akhir negosiasi.
C.   Kemampuan yang Berhubungan dengan Pengetahuan /Wawasan
Topik negosiasi, sudah dapat dipastikan, akan berkisar pada banyak hal dan persoalan dari yang sederhana hingga yang kompleks dan dari yang mudah hingga yang sulit.  Untuk mengantisipasi hal ini, bekal pengetahuan atau wawasan tak bisa ditawar-tawar lagi. Seorang negosiator wajib memiliki pengetahuan atau wawasan yang luas mengenai berbagai hal.

1.   Pengetahuan Negosiasi
Menjadi negosiator tanpa mengetahui dan memahami teori dan teknik negosiasi adalah spekulasi yang harus dihindari. Kita tidak bisa menjadi negosiator dengan cara untung-untungan. Menjadi negosiator merupakan pekerjaan profesional yang keberhasilan dan kegagalannya menyangkut nasib dan masa depan perusahaan. Oleh karena itu, seorang negosiator harus memahami teori-teori dan teknik-teknik negosiasi serta kompeten dan terampil mengoperasikannya dalam praktik.

Sumber: image.slidesharecdn.com
2.   Pengetahuan Psikologi dan Kepribadian
Negosiator juga perlu mempunyai pengetahuan tentang psikologi dan kepribadian manusia. Tidak harus mendalam, tetapi setidaknya mengetahui pokok-pokok dan garis besarnya. Hal ini penting bagi negosiator karena di lapangan ia akan menghadapi banyak mitra negosiasi dengan berbagai tipe karakter, kepribadian, dan kecenderungan psikologis.

3.   Pengetahuan Umum
Negosiator juga perlu melengkapi diri dengan pengetahuan umum, seperti pengetahuan tentang bisnis dan ekonomi umum, perkembangan hukum dan politik, serta informasi seputar seni dan olahraga. Pengetahuan umum tidak jarang mencerminkan wibawa dan kredibilitas seseorang. Orang yang memiliki pengetahuan umum yang luas memancarkan kewibawaan serta membuat lawan bicara respek dan percaya. Pembicaraan ringan seputar isu-isu ekonomi dan bisnis serta perkembangan terbaru dari dunia hukum, politik, seni, dan olahraga juga kadang menjadi selingan yang  turut mewarnai proses negosiasi dan menjadi pintu masuk ke pembicaraan inti negosiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar