Senin, 30 Juli 2018

Benteng Van den Bosch Akan Direnovasi secara Bertahap

Salah satu sisi Benteng Van den Bosch (Sumber: Sadah Siti Hajar)

Benteng Van den Bosch selama ini menjadi salah satu ikon penting pariwisata Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Benteng yang oleh masyarakat Ngawi populer disebut sebagai Benteng Pendhem ini menjadi benda cagar budaya penting di Kabupaten Ngawi. Namun, kendatipun dianggap sebagai peninggalan bersejarah serta cukup banyak dikunjungi para wisatawan, benteng tersebut selama ini kurang terawat. Selain terlihat kotor, beberapa bagian dari bangunan benteng juga telah rusak dan terbengkalai.
Guna melakukan upaya pelestarian, pemerintah setempat dan pusat berinisiatif melakukan langkah renovasi terhadap Benteng Van den Bosch. Melalui usulan Pemerintah Kabupaten Ngawi kepada pemerintah pusat, pada tahun 2018 ini akan dilakukan renovasi terhadap bangunan benteng dengan anggaran Rp 5 miliar. Sebagai tindak lanjut awal, pada awal November 2017 lalu, sejumlah petugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) telah melakukan survei ke lokasi benteng.
Benteng Van den Bosch merupakan bangunan bersejarah yang telah dikategorikan sebagai benda cagar budaya. Oleh karena itu, upaya pelestariannya tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Terkait dengan hal itu, Kementerian PUPR akan menjalin kerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Balai Arkeologi Yogyakarta, dan Laboratorium Borobudur dalam melakukan renovasi. Hal ini dilakukan agar aktivitas renovasi tidak merusak bangunan fisik benteng dan menghilangkan nilai sejarahnya.
Renovasi terhadap benteng yang pernah menjadi kediaman Gubernur Jenderal Van den Bosch itu harus dilakukan dengan tetap mempertahankan kondisi aslinya sehingga membutuhkan perlakuan istimewa. Selain membutuhkan sentuhan tangan para ahli, renovasinya juga memerlukan material khusus yang mirip atau mendekati material aslinya. Dengan demikian, langkah renovasi tidak akan merusak benteng tersebut sebagai benda cagar budaya.
Renovasi bangunan rencananya akan dilakukan secara bertahap. Renovasi pada tahun 2018 ini akan menjadi renovasi tahap pertama yang menargetkan untuk melakukan perbaikan pada bangunan pintu gerbang masuk dan ruang kantor Jenderal Van den Bosch yang berada di tengah lokasi benteng. Adapun bagian-bagian lain dari bangunan benteng, menurut rencana dan usulan, akan direnovasi pada tahun-tahun berikutnya.
(Sumber:  Panoramakanan, Sadah Siti Hajar, http://lanskap-makanan.blogspot.com/2018/01/benteng-van-den-bosch-akan-direnovasi.html, 28 Januari 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar