Rabu, 01 Agustus 2018

Neymar da Silva, Nominator Utama Calon Penerus Messi dan Ronaldo

Neymar Jr (Sumber: www.thesun.co.uk)


Pemain yang lahir pada 5 Februari 1992 (umur 25 tahun) ini populer dengan sebutan atau panggilan Neymar atau Neymar Jr. Kini ia bermain untuk klub Prancis Paris Saint-Germain (PSG). Pada tanggal 3 Agustus 2017, Neymar hijrah dari Barcelona ke PSG dengan nilai transfer termahal di dunia, senilai 222 juta Euro (atau sekitar Rp 3,5 triliun) ––   memecahkan rekor transfer Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United senilai 105 juta Euro. Sebelum merumput bersama Barcelona, Neymar bermain untuk klub domestik Brasil, Santos.
Nilai transfernya yang tertinggi di dunia menunjukkan Neymar bukan pemain sembarangan. Baik selama di Santos, Barcelona, maupun terakhir di PSG, Neymar mampu memperlihatkan kebolehannya sebagai salah satu megabintang sepak bola Eropa dan dunia setidaknya selama lima tahun terakhir. Ia memiliki individual skill dan kemampuan mencetak gol yang tinggi.
Di Santos ia menjadi pemain dan bintang utama. Di Barcelona ia mampu menjadi pendamping dan penopang yang kondusif bagi Messi. Walaupun kontribusinya terhadap El Barca masih di bawah Messi, Neymar bersama bintang Argentina ini dianggap sebagai dua pemain terbaik dan terpenting Barcelona. Adapun di PSG, Neymar dinilai sebagai pemain bintang yang paling menonjol dan paling penting.
Dalam usianya yang baru 25 tahun, Neymar pernah dipercaya menjadi kapten tim nasional Brasil. Sama seperti di PSG, di Timnas Brasil pemain yang biasa berposisi sebagai penyerang sayap ini juga menjadi bintang utama dan merupakan pemain yang paling penting. Banyak pelatih, pengamat, dan penggemar sepak bola dunia menilai, saat ini Neymar merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Kemampuan dan kebintangan Neymar hanya kalah oleh Messi dan Ronaldo. Dalam pemilihan pemenang Ballon d'Or dalam empat tahun terakhir, nama Neymar sempat menjadi pesaing serius bagi Messi dan Ronaldo meskipun akhirnya kalah dari keduanya  ––  dalam persaingan memperebutkan Ballon d'Or 2017, Neymar menempati peringkat ketiga setelah Ronaldo dan Messi.
Neymar kini menempati barisan terdepan atau calon paling favorit sebagai pengganti sekaligus penerus Messi dan Ronaldo. Setelah pindah ke PSG, kini ia telah terlepas dari bayang-bayang Messi. Secara psikologis, ia bisa tampil lebih lepas, bebas, enjoy, dan kreatif bersama PSG. Ia tidak lagi terbebani oleh image sebagai bintang “nomor dua” (setelah Messi) sebagaimana saat bermain untuk Barcelona.
Seiring bertambahnya usia dan pengalaman mengenyam persaingan ketat di kancah Eropa, mentalitas Neymar kini makin matang dan dewasa. Kepemimpinan dan permainannya di lapangan kian inspiratif. Secara teknis, skill-nya kian mantap dan mumpuni. Kemampuannya mencetak gol juga makin produktif  ––  baru setengah musim bergabung dengan PSG (hingga akhir Desember 2017), ia sudah menorehkan 11 gol dari 12 pertandingan yang dijalaninya di semua kompetisi musim 2017/2018 dan mengantarkan tim ibu kota itu memuncaki klasemen Ligue 1 Prancis.
Neymar memiliki keistimewaan dalam menggiring bola (dribbling), memberi umpan (assist), dan mencetak gol. Teknik dan gayanya dalam men-dribble bola untuk melewati pemain lawan terlihat indah dan menghipnotis. Ia banyak memperkenalkan teknik dan gaya dribbling baru yang sebelumnya tidak dilakukan para bintang dan pemain lain, termasuk di Brasil. Dalam sebuah pertandingan saja, ia bisa berkali-kali melewati dan mengelabui tiga sampai lima pemain lawan dengan dribbling-nya yang unik, tetapi berteknik tinggi dan memukau. Ia juga memiliki kemampuan tinggi dalam melakukan eksekusi penalti dan freekick untuk membuahkan gol.
Praktis, Neymar merupakan pemain yang memiliki kemampuan komplit. Tubuhnya yang ramping dan lentur memudahkannya untuk meliuk-liuk melewati pemain lawan. Gerakan tubuhnya dalam menggiring bola untuk mengelabui lawan sering terlihat seperti tarian samba. Selain kemampuan skill-nya yang tinggi, dengan gesturnya yang seolah-olah tengah menari, ia mampu menghibur penggemar sepak bola dengan tontonan yang indah.
Tidak hanya penggemar awam sepak bola yang dibuatnya takjub, para pelatih, pemain lain, serta bintang-bintang sepak bola top masa kini dan masa lalu pun banyak yang kagum dan menyukai gaya dan teknik permainannya. Neymar diperkirakan akan mampu menyamai dan mungkin bahkan melampaui Messi dan Ronaldo. Pemain legendaris Argentina dan salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Diego Maradona, tak segan-segan memberikan pujian kepada Neymar. Maradona menilai Neymar akan segera menyusul Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di puncak deretan pemain terbaik dunia atau dalam perebutan Ballon d'Or. 
Maradona bahkan mengaku lebih menyukai gaya permainan Neymar daripada Messi dan Ronaldo. “Messi tidak lebih baik daripada Cristiano Ronaldo, maupun sebaliknya. Saya lebih suka menonton Neymar karena dia terus menggiring bola meski mendapatkan 200 tendangan dari lawan,” ujar Maradona. “Ronaldo dan Messi tak lagi dalam pertarungan dua orang. Sekarang ada tiga orang untuk memenanginya,” kata Maradona. “Saya tahu bahwa Brasil takkan tinggal diam setelah Rivaldo, Ronaldinho, dan Kaka (tidak lagi bermain). Lalu Neymar muncul dan menghibur semua orang.”
Neymar juga dapat pujian dari pemain terbaik dunia sepanjang masa yang lain, Pele. Menurut Pele, dengan keterampilan yang dimilikinya, Neymar akan menjadi pemain yang hebat. “Ia pemain yang sangat berbahaya, terbaik di timnya,” kata Pele. Pele pernah mengatakan bahwa Neymar lebih baik daripada Messi, tetapi pada kesempatan yang lain pemain legendaris dari Brasil ini mengatakan hal yang sebaliknya. Namun, Messi dan Neymar sendiri memang saling memuji saat keduanya masih main bersama di Barcelona. Dan di lapangan, kadang-kadang Neymar mampu bermain lebih baik ketimbang Messi saat sama-sama membela Barcelona, kadang-kadang Messi yang tampil lebih brilian, tetapi sering pula mereka tampil sama baiknya.
Zinedine Zidane, pemain terbaik yang pernah dimiliki Prancis dan kini melatih Real Madrid, menyatakan respek terhadap Neymar. “Neymar adalah pesepakbola yang sangat bagus,” kata Zidane, yang juga pernah menjadi bintang tim dari ibu kota Spanyol. Setelah kepindahan Neymar ke PSG, Real Madrid sering diberitakan media Eropa berupaya merekrut Neymar; suatu hal yang mengindikasikan keterpukauan kuat Zidane dan “Los Blancos” terhadap Neymar.
Mantan bintang tim nasional Inggris, Manchester United, dan Real Madrid, David Beckham, turut menyatakan kekagumannya terhadap Neymar. Beckham mengatakan Neymar sudah begitu dekat untuk menyamai Messi dan Ronaldo. “Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat ini segera memiliki rival baru, Neymarlah yang akan menjadi rival itu,” ucap Beckham. “Neymar adalah pemain dengan talenta yang luar biasa. Neymar selalu menambah penggemar kapan pun bola ada di kakinya. Ia adalah pemain sepakbola yang hanya muncul tiap satu generasi.”
Mantan bintang tim nasional Inggris yang lain, Steven Gerrard dan Rio Ferdinand, juga memberi apresiasi tinggi terhadap Neymar. Saat Barcelona mengilas PSG 6-1 dalam Liga Champions (dua gol Barca di antaranya dicetak Neymar), Gerrard menilai kemenangan Barcelona disebabkan oleh performa Neymar. “Pemain kelas dunia pasti mendapatkan momen besar pada saat yang penting,” ujar Gerrard. “Suarez dan Messi hampir tak terlihat malam ini. Neymar, mungkin ini adalah penampilan terbaiknya yang pernah saya lihat.” Dalam duel itu, menurut Gerrard, Neymar bermain jauh lebih baik ketimbang Suarez atau Messi. Adapun Rio Ferdinand menilai Neymar layak mendapatkan gelar pemain terbaik pada laga itu. Dia menyebut Neymar merupakan penerus Messi dan Ronaldo sebagai calon penerima gelar pemain terbaik di dunia.”Dia adalah pemain terbaik di lapangan. Dia adalah pewaris takhta Ronaldo dan Messi,” tutur mantan defender Manchester United itu.
Bagi rekan-rekannya di klub, Neymar adalah pemain penyelamat dan pengangkat tim. Bek Barcelona, Gerard Pique, menyatakan, “Neymar adalah pemain dengan karakter yang luar biasa. Dia ajaib. Pemain seperti Neymar membuat sepak bola jauh lebih baik.” Penyerang Paris Saint-Germain, Edinson Cavani, menganggap bahwa gol-gol Neymar sering dibuat dengan cara yang tak biasa bagi. “Baginya, wajar melakukan itu. Bagi kami, tidak! Dia melewati banyak pemain. Pada akhirnya, itu selalu menjadi gol. Itu sesuatu yang luar biasa,” ungkap pemain dari Uruguay itu.
Megabintang Real MadridCristiano Ronaldo, menganggap Neymar dapat mencapai level sama seperti dirinya dan Lionel Messi suatu saat nanti. Ronaldo mengungkapkan kekagumannya pada Neymar serta membandingkannya dengan dirinya. “Saya amat menyukai Neymar. Ia sedikit mirip saya,” tutur Ronaldo. “Ia sempat mengalami kesulitan ketika menyesuaikan diri dengan lingkungan baru pada awalnya, tetapi saya tahu ia akan meraih sukses.”
Menjelang kedatangan Neymar ke Barcelona dari Santos, Messi menyatakan bahwa kehadiran Neymar merupakan perekrutan yang menakjubkan. Messi memberikan sambutan yang sangat antusias. “Di mata saya, ia (Neymar) merupakan pemain yang bisa menawarkan solusi individu, kemampuan yang hanya dimiliki beberapa gelintir pemain,” puji Messi.
Para pelatih pun merasakan kehebatan Neymar. “Neymar menginterpretasikan sepakbola dengan berbeda dibandingkan para pemain lainnya. Bahkan, dibandingkan pemain Brasil lain sekalipun,” kata Luis Enrique yang pernah melatihnya di Barcelona. “Setiap penggemar sepak bola harus menghargai apa yang Neymar lakukan, yang terkadang lebih mirip gerakan balerina ketimbang menggiring bola. Itu sangatlah cantik, efektif, dan spektakuler,” puji Enrique. “Neymar memberikan banyak hal bagi tim. Dia adalah pemain yang hebat dalam banyak hal. Mudah bagi Neymar untuk melewati 2-3 pemain lawan dalam satu kali aksinya.”
Pelatih PSG, Unai Emery, yang semula dikabarkan sempat bersitegang dengan Neymar, tak dapat menyembunyikan kekaguman dan kegembiraanya atas kehadiran Neymar dalam skuat tim asuhannya. “Dia (Neymar) luar biasa. Dia selalu ingin bermain di setiap laga. Dia membuat semua pemain bisa merasakan manfaat dari talentanya,” kata Unai Emery senang. “Kami semua gembira.” Emery (dan juga bebarapa pemain PSG, seperti Cavani) sangat merasakan kehadiran Neymar menjadikan permainan PSG lebih dinamis dan hidup.
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, juga terpesona oleh Neymar. “Neymar memiliki gaya bermain yang khas. Setiap orang memiliki gaya mereka sendiri yang unik. Saya menyukainya,” ujar Simeone.”Neymar bernyanyi, menari, dan menghancurkan. Ia telah menunjukkan kualitasnnya di lapangan,” tambah pelatih asal Argentina ini. “Ia pemain yang luar biasa.” Adapun Guardiola mengatakan, “Saya tidak pernah merasa cukup setiap kali menyaksikan dribble-nya. Sangat menyenangkan bisa menyaksikan dia bermain,” ujar Guardiola. 
Neymar yang tampil impresif (mencetak dua gol) saat Barcelona mengalahkan Juventus 2-1 dalam turnamen International Champions Cup 2017, menyebabkan  pelatih BarcelonaErnesto Valverde, melayangkan pujian. “Barcelona tidak bisa melakukannya tanpa Neymar. Kami ingin dia bertahan di sini karena telah menyadari efeknya dalam permainan,” tutur Valverde. Sementara itu, mantan bintang tim nasional Belanda, Real Madrid, dan AC Milan, yang saat ini menjadi Manajer  AC Milan, Clarence Seedorf, memberi pernyataan, “ Neymar adalah pemain muda yang sangat berbakat. Dalam usia 23 tahun ia sudah berperan penting di klub besar Barcelona. Saya percaya, suatu saat nanti Neymar akan melebihi para pemain dari Barcelona dan Real Madrid saat ini, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.”
(Sumber: Topik & Tokoh, Akhmad Zamroni, http://bergurudaritokoh.blogspot.com/2017/12/neymar-da-silva-santos-junior.html, 29 Desember 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar