Sabtu, 03 November 2018

Implementasi Hak Asasi Manusia

Sumber: plus.google.com
    
    Kita tahu bahwa setiap manusia memiliki hak asasi. Lalu, jika demikian, bagaimana setiap manusia menerapkan atau melaksanakan hak asasinya masing-masing? Jika setiap orang mengklaim diri memiliki hak asasi yang harus dilaksanakan dan dihormati, apakah tidak akan terjadi tabrakan antarhak asasi itu?
    Tentu saja tidak. Hal ini karena di dalam hak asasi terkandung juga kewajiban dan tanggung jawab asasi. Artinya, selain memiliki hak asasi, manusia juga memiliki kewajiban asasi dan tanggung jawab asasi. Kewajiban asasi dan tanggung jawab asasi manusia adalah melaksanakan hak asasi yang dimilikinya secara terbatas sehingga tidak melanggar hak asasi orang lain serta merugikan kepentingan umum.
    Dengan kata lain, saat menerapkan hak asasi, seseorang memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memperhatikan hak asasi orang lain dan kepentingan umum. Misalnya saja, jika Anda akan melaksanakan hak asasi menyampaikan pendapat dalam sebuah diskusi, Anda harus tahu bahwa peserta lain juga memiliki hak yang sama, sehingga saat menyampaikan pendapat Anda harus mematuhi tata tertib diskusi, seperti berbicara sesuai batas waktu yang tersedia dan tidak melecehkan peserta lain. Jika Anda melakukan hal yang sebaliknya, berarti Anda telah melaksanakan hak asasi secara melampaui batas dengan akibat hak asasi peserta lain menjadi terlanggar serta jalannya diskusi menjadi terganggu.
    Contoh lain, dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Dengan berlakunya UU No. 9/1998 –– tentang Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat di Muka Umum –– setiap warga negara bebas dan berhak untuk menyampaikan pendapat secara terbuka di hadapan orang banyak, termasuk melalui demonstrasi atau unjuk rasa. Namun, penyampaian pikiran, perasaan, dan pendapat di muka umum –– walaupun dengan cara demonstrasi –– wajib dilakukan dengan tertib dan damai serta tidak dibenarkan dilakukan dengan cara melampaui batas, misalnya, disertai dengan perusakan terhadap fasilitas umum, pengacauan terhadap lalu lintas jalan raya, atau penyerangan terhadap aparat keamanan.
    Itulah sebabnya, setiap individu harus menyadari bahwa hak asasi wajib dilaksanakan (diimplementasikan) dengan memperhatikan hak asasi orang lain dan kepentingan umum. Hal ini menandakan bahwa hak asasi manusia tidaklah bersifat mutlak atau tanpa batas. Saat melaksanakan hak asasi, secara bersamaan Anda harus juga menghormati hak asasi orang lain. Justru dengan melaksanakan hak asasi yang dibarengi sikap hormat terhadap hak asasi orang lain, di sisi satu hak asasi setiap orang akan terjaga dan di sisi lain tidak terjadi pelanggaran hak asasi antarindividu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar