Rabu, 18 November 2020

Implementasi Kegiatan Asesmen pada Awal Pembelajaran

 Oleh  Akhmad Zamroni

Pada tahun 2021 mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI) akan menyelenggarakan asesmen nasional (AN) sebagai pengganti ujian nasional (UN). Menurut rencana, asesmen nasional akan digelar pada bulan Maret hingga Agustus 2021. Kegiatan ini akan diadakan dengan tiga instrumen, yakni asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter (SK), dan survei lingkungan belajar.

Sebagaimana tertuang dalam dokumen dan wacana pengenalan program asesmen nasional (AN) yang dikeluarkan Kemendikbud RI, asesmen nasional diselenggarakan dengan tiga tujuan utama. Ketiga tujuan yang dimaksud sebagai berikut: (1) mendorong guru untuk mengembangkan kompetensi kognitif yang mendasar sekaligus karakter murid secara utuh; (2) menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid; serta (3) memberi gambaran tentang karakteristik esensial sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Hampir dapat dipastikan, asesmen nasional akan diselenggarakan di tengah belum berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia dan di dunia . Oleh sebab itu, implementasi asesmen nasional oleh pemerintah, sekolah, dan guru harus dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi siswa akibat terdampak oleh pandemi Covid-19. Seperti kita ketahui, pembelajaran online  (daring) yang diberlakukan di Indonesia akibat pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak yang kurang menguntungkan pada aspek akademis dan psikologis siswa sehingga hajatan asesmen nasional yang akan digelar tahun 2021 mendatang harus dilakukan dengan mempertimbangkan secara saksama kondisi para siswa.

Untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan asesmen nasional di tengah pandemi Covid-19, berikut ini dipaparkan infografis perihal kegiatan asesmen pada awal pembelajaran yang dikeluarkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Sumber: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar