Rabu, 11 April 2018

Faktor-Faktor Pendukung Tegaknya Demokrasi


Oleh  Akhmad Zamroni
Sumber: http lpmrhetor.com
Apakah semua prinsip, nilai, dan lembaga demokrasi menjadi penentu terciptanya kehidupan demokrasi? Jawabnya adalah prinsip, nilai, dan lembaga demokrasi sangat mempengaruhi tegak dan tidaknya demokrasi. Namun, hal itu tidak menjadi penentu yang mutlak bagi terwujud dan langgengnya demokrasi.
Dari pengalaman banyak negara di dunia, suatu negara atau masyarakat dapat hidup dalam suasana demokrasi karena memiliki prinsip, nilai, dan lembaga demokrasi. Akan tetapi, kehidupan demokrasi yang terwujud masih sering diwarnai kekacauan akibat beberapa syarat lain yang ikut mempengaruhi belum dipenuhi. Terkait dengan hal itu, masih diperlukan lagi beberapa faktor pendukung bagi tegaknya demokrasi yang mantap dan damai. Faktor-faktor pendukung tersebut, antara lain, sebagai berikut.
·        Masyarakat yang hendak mengusahakan demokrasi telah memiliki ketercukupan kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar, yang meliputi kebutuhan pangan, sandang, dan papan (tempat tinggal). Dengan tercukupinya kebutuhan-kebutuhan pokok, masyarakat akan terbebas dari masalah paling mendasar dalam hidup sehingga relatif akan lebih terhindar dari gejolak.
·        Masyarakat yang hendak mengusahakan demokrasi mempunyai tingkat pendidikan yang memadai (cukup). Dengan tingkat pendidikan rata-rata yang memadai, rakyat atau masyarakat akan memiliki wawasan luas serta mampu berpikir dan bersikap lebih rasional sehingga perilakunya lebih terkontrol, lebih beradab, dan lebih bermartabat.
·        Masyarakat yang hendak mengusahakan demokrasi memiliki kemampuan berpikir dan bertindak yang dewasa. Dengan kemampuan berpikir dan bertindak yang dewasa, masyarakat akan memiliki tingkat emosional yang matang dan mantap sehingga lebih mampu bertindak secara terkendali dan penuh perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar